Sejarah

Program Studi D-III Keperawatan Kutacane Poltekkes Kemenkes Aceh adalah sebuah Perguruan Tinggi di Aceh Tenggara yang bergerak dibidang Keperawatan. Berdiri pada tanggal 17 Februari 2003 dengan Nomor HK. 03.2.4.1.434 yang awal mulanya merupakan Akademi Keperawatan Pemkab Aceh Tenggara yang dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tenggara. Program Studi D-III Keperawatan Kutacane berkedudukan di Jalan Kutacane-Blangkejeren KM.4, Kecamatan Badar, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Nomor 354/E/O/2012 tanggal 10 oktober 2012 tentang alih bina penyelenggaraan program studi pada akademi yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dari kementerian kesehatan kepada kementerian pendidikan dan kebudayaan R.I, dalam menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Program Studi D-III Keperawatan Kutacane mengacu pada peraturan yang berlaku di Perguruan Tinggi secara nasional, dengan pembinaan secara teknis akademik berada di bawah Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi.

Pada tanggal 21 Agustus 2018 dengan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan nomor 684/KPT/I/2018 Akademi Keperawatan Pemkab Aceh Tenggara melakukan Merger dari yang sebelumnya Akademi Keperawatan Pemkab Aceh Tenggara menjadi Program Studi D-III Keperawatan Kutacane Poltekkes Kemenkes Aceh. Saat ini Program Studi D-III Keperawatan sudah menghasilkan lebih dari 500 orang lulusan yang tersebar diseluruh penjuru nusantara. Sebagai Satu-Satunya Institusi Pendidikan Tinggi Keperawatan yang unggul dibidang Medikal Bedah, Program Studi D-III Keperawatan Kutacane memiliki fungsi yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dibidang Keperawatan Medikal Bedah baik untuk kebutuhan Regional Aceh maupun Nasional.

Program Studi D-III Keperawatan Kutacane mengintegrasikan nilai-nilai Lokal dan Islami sehingga komponen seimbang diantara keduanya menghasilkan Sumber Daya Manusia yang mampu dalam bidang Keperawatan Medikal Bedah dan Berkarakter Islami yang kompeten di Regional Aceh.

363 Total Views 1 Views Today