Sejarah

Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Aceh berdiri sejalan dengan terbentuknya Polteknik Kesehatan Poltekkes Kemenkes Aceh pada tanggal 12 November 2001, yang merupakan institusi induk dari beberapa Jurusan yang ada di lingkungan Poltekkes Kemenkes Aceh.

Jurusan Keperawatan sebagai institusi paling awal bidang keperawatan di Provinsi Aceh didirikan awalnya dengan nama AKPER Banda Aceh pada tanggal 28 Agustus 1985, yang kemudian berubah nama menjadi Pendidikan Ahli Madya Keperawatan (PAM-K) sejak tanggal 3 Januari 1992. Akibat perubahan kebijakan pemerintah melalui Departemen Kesehatan PAM-K berubah kembali menjadi AKPER Depkes RI Banda Aceh sejak tanggal 10 April 1997.

Sejak beridirinya Poltekkes Depkes NAD pada tanggal 12 November 2001, maka seluruh institusi pendidikan kesehatan milik Departemen Kesehatan di Aceh bergabung dibawah pengelolaan Direktorat Poltekkes Depkes NAD, termasuk di dalamnya adalah AKPER Depkes RI Langsa dan AKPER Depkes RI Meulaboh.

Dalam proses pengembangannya dan adanya berbagai perubahan kebijakan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah, maka nama Jurusan Keperawatan Poltekkes Depkes NAD berubah menjadi Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Aceh sejak tahun 2011 dengan tupoksi sebagai pengelola pendidikan professional keperawatan dalam program Diploma III keperawatan dan Diploma IV Keperawatan, sedangkan Program Studi yang berada di bawah pengelolaan Jurusan Keperawatan sebagai pelaksana teknis pelaksanaan proses belajar mengajar.

735 Total Views 2 Views Today