Puluhan Mahasiswa DIV Prodi Keperawatan Banda Aceh Terjun ke Lhoknga Aceh Besar

Puluhan Mahasiswa DIV Prodi Keperawatan Banda Aceh Terjun ke Lhoknga Aceh Besar

Hari Selasa (04/07/2017) Ketua Jurusan Keperawatan Banda Aceh beserta Pengelola dan Dosen Prodi DIV Keperawatan melaksanakan serah terima Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar.

Sebanyak 30 mahasiswa akan ditempatkan pada 4 Gampong, yaitu: Meunasah Mesjid Mukim Lamlhom, Meunasah Blang Mukim Lampuuk, Lam Paya Mukim Lhoknga, dan Aneuk Paya Mukim Kue yang notabenenya wilayah pesisir yang mayoritas mata pencaharian masyarakatnya adalah Nelayan.

KKL ini akan dilaksanakan selama 21 hari dari tanggal 4 sampai dengan 24 Juli 2017, dimana mahasiswa akan berinteraksi dengan masyarakat dan tinggal di rumah warga untuk mengidentifikasi masalah keperawatan kesehatan masyarakat, menyusun skala prioritas dan juga untuk memecahkan masalah, serta melakukan intervensi yang terkait degan masalah kesehatan lingkungan, kesehatan & keselamatan kerja, imunisasi, kesehatan ibu dan anak, serta lansia. Selain itu mahasiswa tersebut juga diwajibkan untuk berpraktek di puskesmas yang terletak di Jalan Banda Aceh-Meulaboh, KM. 13,5.

Adapun sumber dana kegiatan ini menggunakan dana DIPA Poltekkes Kemenkes Aceh Tahun Anggaran 2017 di bawah bimbingan 12 orang dosen yang mengampu mata kuliah Keperawatan Komunitas, Gerontik dan Promsi Kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Kecamatan Lhoknga Drs. Abd. Rafar AB, mengucapkan terima kasih kepada Ketua Jurusan Keperawatan dan juga kepada Ketua Prodi DIV beserta jajarannya yang sudah memilih wilayahnya sebagai lokasi kegiatan KKL. Dia juga sangat antusias dan juga merespon positif kegitan KKL tersebut, hal tersebut terlihat saat acara serah terima mahasiswa yang dipusatkan di Aula Sekcam yang disaksikan oleh Ketua Asosiasi Geuchik serta Seluruh para Geuchik Gampong wilayah KKL.

Camat juga mengajak para geuchik dan masyarakat untuk membantu mahasiswa di lapangan agar kegiatan ini dapat terlaksana sesuai dengan program yang telah direncanakan. Selain itu, diharapkan keterlibatan pihak Puskesmas untuk saling bekerja sama mengatasi masalah kesehatan masyarakat dan pendidikan kesehatan agar derajat kesehatan masyarakat di Lhoknga semakin meningkat.

Ns. Nurleli, S.Kep, MNS selaku ketua Prodi DIV Keperawatan mengungkapkan bahwa sangat senang atas terlaksananya pergelaran serah terima mahasiswa tersebut. Hal ini juga di ungkapkan oleh Koordinator KKL Dr. Hermansyah, SKM, MPH, dia merasa sangat puas atas berlangsungnya acara serah terima tersebut, mereka juga berharap agar seluruh mahasiswa dapat menjaga nama baik almamater sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. Demikian laporan Koordinator disela-sela dropping mahasiswa ke Desa Lhoknga Via WhatsApp. (HH/FH).

500 Total Views 2 Views Today
Share