Prodi DIII Keperawatan Kutacane Menggelar Praktek Belajar Lapangan (PBL) Tahun 2018/2019

Prodi DIII Keperawatan Kutacane Menggelar Praktek Belajar Lapangan (PBL) Tahun 2018/2019

Mahasiswa Program Studi D-III Keperawatan Kutacane Poltekkes Kemenkes Aceh melaksanakan Praktek Belajar Lapangan (PBL) di Desa Kumbang Jaya, Kecamatan Badar, Kabupaten Aceh Tenggara.

Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Kumbang Jaya, Kecamatan Badar, Kabupaten Aceh Tenggara mulai tanggal 25 Februari 2019  sampai dengan 8 Maret 2019.

Adapun jumlah  peserta PBL tersebut sebanyak 9 orang dan dibimbing oleh 2 orang Dosen di setiap kelompok.

PBL kali ini tidak hanya mahasiswa yang terlibat, melainkan Perangkat Daerah seperti camat, kepala desa dan masyarakat juga ikut terlibat.

Safri Ady, SH. Selaku Camat Badar mengungkapkan bahwa “Kegiatan PBL ini merupakan salah satu solusi yang tepat sasaran dalam meningkatkan kepekaan masyarakat dalam menjaga lingkungan sehingga kami berharap kegiatan PBL seperti ini dapat hadir lagi di desa kecamatan Badar yang lain” Katanya pada Senin (25/2/2019).

Salah satu mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Kutacane Syerli Widya Rahmir yang mengikuti PBL mengatakan bahwa “Sasaran kegiatan PBL ini adalah kepada masyarakat terutama untuk kepala keluarga agar dapat lebih peka terhadap kesehatan keluarganya dan menerapkan Prinsip Hidup Sehat (PHS) akan hidup sehat serta peduli akan lingkungan” begitu ungkapnya pada Senin (25/2/2019).

Salah satu dosen pembimbing PBL Ns. Devi Susanti, S.Kep, MKM mengatakan bahwa “Kegiatan PBL ini dilakukan dengan mendata dan menganalisa masalah keperawatan kepada keluarga binaan di Desa Kumbang Jaya, kemudian dilakukan penyuluhan keperawatan kesehatan untuk dicarikan solusi permasalahan bagi masyarakat” begitu katanya pada Senin (11/3/2019).

Dosen pembimbing PBL yang kedua yaitu Rohani, S.Kep, MKM. juga ikut berkomentar tentang pentingnya PBL ini bagi mahasiswa Prodi D-III Keperawatan Kutacane. Berikut komentarnya: “Selain untuk menyadarkan masyarakat akan hidup sehat kegiatan PBL ini juga menjadi salah satu kegiatan yang menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa untuk terjun langsung menerapkan ilmu keperawatan yang diperoleh di kampus ke masyarakat” begitu ujarnya pada, Senin (11/3/2019).

33 Total Views 1 Views Today
Share