Persyaratan Bagi Calon Peserta Yang Akan Mengikuti Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

Persyaratan Bagi Calon Peserta Yang Akan Mengikuti Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

Berikut kami informasikan persyaratan yang harus di lengkapi bagi calon peserta Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Sebelum mengikuti proses asesmen terlebih dahulu harus mengajukan aplikasi dengan menyiapkan dokumen sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir Aplikasi RPL

  2. Mengisi formulir Asesmen Mandiri

  3. Melengkapi dokumen pendukung sebagai bukti bahwa pelamar telah memiliki capaian pembelajaran, sebagian atau seluruhnya sesuai dengan kualifikasi Diploma Tiga.

Jenis dokumen bukti pendukung yang diperlukan untuk mengajukan aplikasi RPL terdiri atas :

  1. Ijazah Pendidikan Terakhir (wajib disertakan untuk semua pelamar);

  2. Transkrip Nilai (khusus untuk lulusan Diploma Satu dan atau pelamar yang saat ini sedang mengikuti kuliah tetapi belum lulus).

  3. Daftar Riwayat Hidup (wajib disertakan untuk semua pelamar).

Sedangkan dokumen dokumen berikut disertakan sesuai dengan indikator kinerja mata kuliah yang diajukan dengan RPL untuk membuktikan bahwa calon telah memiliki pengalaman/keahlian/pengetahuan tertentu yang relevan dengan standar capaian pembelajaran/kompetensi yang diharapkan :

  1. Sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh Asosiasi Profesi/Lembaga Sertifikasi Profesi/Lembaga Pelatihan lainnya yang diakui secara nasional atau internasional, baik yang diterbitkan di dalam negeri maupun di luar negeri dilengkapi dengan daftar unit kompetensi yang telah dicapai;

  2. Sertifikat pelatihan/kursus yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi atau lainnya dilengkapi dengan tujuan kursus/pelatihan atau jadwal kursus/ pelatihan;

  3. Sertifikat kehadiran workshops, seminar, simposium dll. Dilengkapi jadwal workshop/seminar/simposium dll.;

  4. Sertifikat Penghargaan dari lembaga/institusi yang kredibel;

  5. Keanggotaan dalam asosiasi profesi dengan rincian kegiatannya;

  6. Keterangan tertulis dari penyelia/supervisor/pembimbing/atasan langsung;

  7. Catatan harian aktivitas pekerjaan (log book);

  8. Contoh laporan atau dokumen yang dibuat oleh Calon ketika calon bekerja;

  9. Dokumen lainnya yang relevan yang membuktikan bahwa calon telah memiliki pengalaman/keakhlian/pengetahuan tertentu yang relevan dengan standar capaian pembelajaran/kompetensi yang diharapkan.

Semua berkas yang telah disiapkan kemudian diajukan ke institusi pendidikan yang menyelenggarakan RPL.

Selanjutnya calon peserta menunggu informasi dari penyelenggara RPL untuk mengikuti asesmen, yang terdiri dari wawancara, ujian tulis, mendemonstrasikan keterampilan, dan jika diperlukan dilakukan kunjungan ke tempat kerja calon.

Calon yang pada saat melamar telah memiliki kualifikasi pendidikan formal pada jenjang pendidikan tinggi (saat ini sedang mengikuti kuliah pada suatu program studi di Perguruan Tinggi) dapat mengajukan bukti transkrip kelulusan atau bukti lainnya yang syah untuk dilakukan asesmen dan rekognisi dengan cara alih kredit.

Download Persyaratan Calon RPL

Download Formulir Aplikasi RPL

Download Formulir Asesmen Mandiri

Download Surat Pernyataan RPL

1651 Total Views 1 Views Today
Share