Kajur Pimpin Pengembangan Desa Binaan

Kajur Pimpin Pengembangan Desa Binaan

Aceh Besar (26/11/2020). Dr. Hermansyah, SKM, MPH Kajur Keperawatan Rabu, 25 Nopember 2020 pimpin kegiatan Pengembangan Desa Binaan yang berlokasi di Gampong Empee Trieng Kecamatan Darul Kamal Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan ini merupakan wujud aplikasi nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa Pengabdian Kepada Masyarakat.

Aneka kegiatan yang digelar oleh Tim yang terdiri dari Dosen dan mahasiswa dilakukan mulai dari pukul 14.00 s.d 17.30 Wib bertempat di Meunasah dan Lapangan Volley gampong ini dihadiri oleh Kepala Desa (Keuchik) Bapak Nadarudin, ibu rumah tangga, ibu hamil, remaja putri dan anak usia sekolah.

Kajur Keperawatan yang didampingi Bapak Sofyan Sufri, S.SIT, M.Sc.PH, Ph.D menyampaikan materi Konsep Covid-19 dan upaya pencegahannya melalui upaya 4M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun, Menjaga jarak, dan Menghindari kerumunan. Diakhir penyajian, kedua narasumber tersebut melakukan pembagian masker dan handsanitizer secara gratis kepada masyarakat yang berhadir.

Presentasi berikutnya dilanjutkan oleh narasumber lainnya Dr. Hj. Halimatussakdiah, S.Kp, M.Kep, Sp.Mat yang menyampaikan Covid-19 dan Maternitas, serta Ns. Hasniah, S.Kep, M.Kep.Sp.Kep.J dengan materi Covid-19 dan Dampak Psikosial. Sedangkan materi Covid-19 dan Pencegahannya melalui tanaman obat keluarga yang disampaikan oleh Tim Jurusan Farmasi.

Usai shalat ashar berjamaah, Tim Jurusan Kesling selain memaparkan materi juga melakukan praktik pengolahan sampah rumah tangga. Sementara itu, Tim Kebidanan melakukan pemeriksaan dan penyuluhan kepada ibu hamil, sedangkan Tim Keperawatan Gigi melakukan pembagian sikat gigi dan mengajarkan teknik menggosok gigi yang benar kepada anak-anak gampong usia sekolah.

Masyarakat sangat antusias mengikuti setiap rangkaian kegiatan dan sangat puas serta berterima kasih atas segala bantuan yang telah diberikan oleh Tim dari Poltekkes Kemenkes Aceh. “Nak jeut beukayem neu saweu kamoe” (kalau bisa seringlah mengunjungi kami), harap Bu Nur salah seorang kader kesehatan gampong.

Acara ditutup dengan penyerahan ember pengolah sampah dan tanaman obat keluarga secara simbolis kepada Bapak Keuchik Gampong Empee Trieng dan dilanjutkan foto bersama warga dengan Tim sebagai dokumentasi kegiatan. (her)

 

32 Total Views 1 Views Today