GERMAS di Lantai 3 Direktorat Poltekkes Kemenkes Aceh

GERMAS di Lantai 3 Direktorat Poltekkes Kemenkes Aceh

Aceh Besar (13/12/2020) Poltekkes Kemenkes Aceh bekerjasama dengan Badan PPSDM Kesehatan RI, Komisi IX DPR RI, dan Dinas Kesehatan Provinsi Aceh menggelar kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Aula Lantai 3 Direktorat Poltekkes Kemenkes Aceh.

Acara tersebut di buka langsung secara daring oleh Dr. Sugiyanto, S.Pd., M.App.Sc, selaku Kepala Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan RI, setelah membuka acara, beliau langsung memberikan materi yang pertama dengan tema Hidup Sehat dengan Germas di Masa Covid-19”. Kemudian dilanjutkan dengan materi yang kedua disampaikan oleh Dr. H. Edy Wuryanto, M.Kep. selaku Anggota Komisi IX DPR RI dengan tema Peran DPR RI dalam Mensosialisasi Masyarakat Hidup Sehat”. Materi terakhir disampaikan oleh Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Aceh yaitu Suwarni, SKM. MPH, dengan tema Hidup Sehat dengan GERMAS  di Era Covid-19.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka membangun komitmen bersama untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Dalam sambutannya, Direktur Poltekkes Kemenkes Aceh T. Iskandar Faisal, S.Kp, M.Kes, mengharapkan kepada seluruh perserta untuk dapat mengaplikasikan GERMAS ini di desa masing-masing, paling tidak di keluarga masing-masing.  Dia juga menambahkan, “setelah ditanda-tanganinya Komitmen penerapan Germas dalam mencegah Covid-19 di akhir acara nanti, mari bersama-sama kita hentikan penyebaran Covid-19 sesuai tema yang kita usung pada hari ini”. Begitu imbuhnya.

Ismail, SKM, M.Kes, selaku Panitia pelaksana saat di hubungi oleh Jurkep-Pers via pesan singkat WhatsApp menyampaikan bahwa Tujuan dilaksanakannya kegiatan GERMAS ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kesehatan, selain itu agar masyarakat dapat menerapkan bagaimana 7 langkah mencuci tangan dengan baik dan benar. Dia juga menambahkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di institusi pendidikan juga sangatlah penting untuk mewujudkan lingkungan kampus yang sehat. Maka dari itu, dengan dilaksanakannya kegiatan GERMAS ini dapat membantu meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di kampus Poltekkes Kemenkes Aceh”. (fh)

147 Total Views 1 Views Today