36 Mahasiswa DIV Keperawatan Banda Aceh KKL di Kecamatan Blang Bintang

36 Mahasiswa DIV Keperawatan Banda Aceh KKL di Kecamatan Blang Bintang

Hari senin (2/7/018) bertempat di Kantor Camat Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar telah dilakukan acara serah terima mahasiswa DIV Keperawatan Banda Aceh dari Direktur Poltekkes Kemenkes Aceh yang diwakili oleh Ketua Jurusan Keperawatan T. Alamsyah, SKM, MPH kepada Camat Blang Bintang M Hasan, ST.

Dalam laporannya, Ketua Jursan menyampaikan Praktik Klinik Keperawatan Komunitas bagi Mahasiswa Tingkat III Semester Genap DIV Keperawatan Banda Aceh Poltekkes Kemenkes Aceh Tahun Akademik 2017/2018 ini diikuti sebanyak 36 orang selama 21 hari sejak 2 s.d 22 Juli 2018. Mahasiswa yang dibagi 9 orang perkelompok akan tinggal di 4 desa yang digunakan yaitu: Desa Cot Malem, Cot Madhi, Gampong Blang, Bueng Sidom.

Camat dalam sambutannya menyampaikan bahwa keempat desa terpilih itu memiliki jarak desa yang saling berdekatan yang merupakan tempat beradanya Bandara Sultan Iskandar Muda. Camat berharap agar kegiatan wajib ini bisa menjadi indah bukan beban bagi mahasiswa ditingkat akhir agar bisa memahami tingkah laku masyarakat. Hiduplah di masyarakat pelajarilah adat istiadat, mahasiswa jangan membawa tunangannya di kampung karena belum meumat jaroe malem alias belum sah ikatan nikahnya. Jika ada kunjungan keluarga, agar melaporkan kepada geuchik. Demikian juga jika ada keperluan kelompok atau kampus silakan izin ke Pak Geuchik dan Ibu Geuchik karena mereka adalah kedua orang tua di desa selama praktik. Bagi mahasiswa putra, saat azan berkumandang segeralah berjamaah di meunasah, sedangkan mahasiswa putri cukup berjamaah di rumah. Bagi mahasiswa putra tidak dibenarkan memainkan gitar sampai dengan jam 12 malam karena beda adat istiadat didesa krn masih tabu dan belum bisa diterima oleh masyarakat desa. Selama didesa, jangan hidup dengan HP artinya lalai dengan dunia sendiri, namun membina hubungan kekeluargaan dengan warga desa. Mudah-mudahan mahasiswa putri dapat menemukan pujaan hatinya dengan pemuda desa tempat praktik.
Semoga praktik ini dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan dan tidak menimbulkan kendala sampai dengan praktik ini berakhir.

Turut hadir pada acara tersebut Kepala Puskesmas Blang Bintang yang diwakili oleh Ns. Zahriani Zulfa, S.Kep, unsur Muspika, Staf Kecamatan, dan para geuchik lokasi KKL serta pengelola dan dosen pembimbing. (her)

 

249 Total Views 1 Views Today
Share